Spirit Pengurusan DPP 2023-2026

 


Pembekalan

Gedung serba guna St. Aloysius menjadi tempat dimana para pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP), Pengurus Stasi, Pengurus Lingkungan, Prodiakon, dan Kelompok Kategorial mendapatkan pembekalan. Acara ini dibawakan langsung oleh Vikaris Jendral Keuskupan Agung Palembang yakni Romo RD. Yohanes Kristianto, Romo Alexander Pambudi SCJ sebagai sekertaris, dan Suster Luisa FSGM sebagai perwakilan ekonom, Bapak Dr. H. Muhammad Abdu, S.Pd.I. MM selaku Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu dan Bapak B. Riyanto, S. Ag selaku Pembimbing Masyarakat Katolik.

"


"Tentunya saya sangat mengapresiasi kesediaan bapak-ibu untuk menjadi pengurus dalam lingkup kehidupan keberagaman di tempat masing-masing, di tengah masyarakat. Menjadi pemimpin dan pengurus berarti ikut mengambil bagian dalam panggilan beragama, panggilan moderasi yang sudah menjadi program prioritas". tutur Bapak  Dr.  H. Muhammad Abdu, S.Pd.I. MM selaku Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

H.  Muhammad Abdu, S.Pd.I. MM

"Menjadi pengurus dewan paroki, lingkungan, stasi dan prodiakon sebaiknya berdasarkan sukacita. Paroki dan Gereja adalah Tubuh Kristus maka kita sebagai anggotanya juga harus melayani seperti Kristus sendiri. Ber-Evagelisasi (penginjilan dan pewartaan) dengan menjadi orang katolik sejati, orang yang penuh sukacita, orang yang tidak memisahkan kehidupan rohani dengan kehidupan duniawi, orang yang bergairah menghidupi iman dan bergairah membantu sesama (terutama yang menderita)”. tutur Romo  Alexander Pambudi SCJ, saat pembekalan.

Romo  Alexander Pambudi SCJ

“Di Keuskupan ada pedoman yang disampaikan di setiap paroki, untuk saat ini sedang proses revisi. Pandemi Covid-19 banyak mengubah tatanan hidup, maka kita juga terpicu untuk menggunakan fasilitas dan kemampuan saat ini yang berbasis online”. tutur  Suster Luisa FSGM sebagai perwakilan ekonom.

Suster Luisa FSGM

Setelah mendapatkan pembekalan sebagai pegangan dan arah dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan, dengan demikian seluruh calon pengurus baru yang telah terpilih sebagai Dewan Pastoral Paroki, Pengurus Lingkungan, Prodiakon, Kelompok Kategorial, dan Pengurus Stasi siap untuk dilantik sebagai pengurus baru. Vikaris Jendral Keuskupan Agung Palembang, Romo RD. Yohanes Kristianto secara resmi melantik seluruh anggota baru yang telah terpilih dengan terlebih dahulu membacakan surat keputusan penandatanganan kepengurusan baru periode 2023-2026.

Perayaan Ekaristi/Pelantikan

"Di hadapan Allah serta seluruh umat, saya berjanji dengan tulus hati, akan menunaikan tugasku sebagai pengurus Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu. Selaras dengan kemampuan yang ada pada saya, yang telah kuterima dari Tuhan. Saya akan menyumbangkan waktu dan tenagaku demi kesejahteraan dan persekutuan umat Allah di Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu ini. Secara khusus saya akan berusaha sekuat tenaga agar amanat Sinode III Keuskupan Agung Palembang semakin terwujud di paroki ini. Oleh karena itu, saya akan menjalankan tugasku dengan penuh tanggung jawab, dalam kebersamaan Dewan Pastoral Paroki. Semoga Allah mendampingiku bersama semua pengurus dalam menjalankan perutusan suci ini. Amin." Ikrar Pengurus Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu.


"Ya Allah yang mengetahui hati dan pikiran manusia, pada hari ini Engkau memilih saudara-saudari kami menjadi pelayan umat-Mu di Dewan Pastoral Paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu. Sudilah Engkau mewujudkan dan menolong mereka, sebab dengan rendah hati mereka merelakan diri untuk tugas itu. Semoga mereka melaksanakan janjinya dengan hati yang tulus. Semoga mereka memanfaatkan pengetahuan dan keahlian mereka untuk menunaikan tugas sebagai Pengurus Dewan Pastoral Paroki dengan cinta kasih dan semangat pengabdian seperti kristus, yang datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani. Teguhkanlah janji mereka, dan berilah mereka rahmat-Mu, supaya selama menjalankan pelayanan ini, mereka tetap setia akan kesediaan serta janjinya. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin." Doa dan berkat oleh  Romo RD. Yohanes Kristianto, Vikaris Jendral Keuskupan Agung Palembang.






Foto





















































































Komentar