Ekaristi Kaum Muda (EKM) 25/11/2023

Satukan Hati dan Semangat Untuk Mencintai Allah dan Sesama

Sabtu, 25 November 2023. Paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu, menjadi tempat dilaksanakanya Ekaristi Kaum Muda (EKM) yang diikuti 255 peserta dari Penarik, Seluma, Bentiring, Sidodadi, dan Bengkulu. Rangkain acara diawali dengan Perayaan Ekaristi pukul 17.00 WIB yang dipimpim oleh Romo Paskalis Aditya Wardhana SCJ dan Romo F.X Budi Haryono SCJ, dilanjutkan dengan makan malam bersama dan malam pentas seni.

foto bersama setelah misa
foto bersama setelah misa

“Perjumpaan” merupakan suatu hal yang indah dan membahagiakan bagi setiap orang yang mengalaminya. Apalagi bila kita berjumpa dengan pribadi-pribadi yang memiliki cinta dan semangat yang sama untuk bertumbuh, dan berbuah. Berkaitan dengan hal ini, kita bisa belajar dari pengalaman perjumpaan yang dialami oleh para murid bersama Yesus Kristus. Setelah Yesus menjumpai dan memanggil mereka untuk mengikuti-Nya dan menjadi murid murid-Nya, mereka begitu bahagia karena mereka bertemu dengan sosok pribadi yang begitu mencintai mereka dan bersama Yesus tujuan hidup mereka semakin sesuai dengan kehendak Allah. Perjumpaan yang dialami oleh murid yang satu dengan murid yang lainnya dalam Yesus Kristus membantu mereka untuk menjadi orang-orang kristiani yang sejati. Mereka bertumbuh dalam cinta kasih dan persaudaraan, berjalan dan berlari dalam semangat persahabatan, berbagi dalam semangat kekeluargaan, serta berkarya demi kemuliaan Tuhan dan kebaikan sesama.

“Melihat kaum muda hadir dan berkumpul di tempat ini, saya melihat kalau gereja ini hidup. Seperti yang dikatakan oleh Bapa Suci Fransiskus, “Hei orang muda, gereja membutuhkanmu, gereja membutuhkan kehadiranmu, gereja membutuhkan kreatifitasmu, gereja membutuhkan energimu”. Kaum muda yang  terkasih, kalian luar biasa tetapi jangan biasa di luar, karena kini kita sudah menemukan bahwa ini rumah mu, ini rumah ku, ini rumah kita, tempat kita berkumpul, peliharalah rumah itu dan sadarilah bahwa perbedaan bukanlah ancaman. Kita datang dari berbagai latar belakang, dipersatukan dalam satu wadah OMK (Orang Muda Katolik), maka dari itu hadirlah, bersatulah dan sadarilah dari masing-masing kita Tuhan beri talenta. Harapanya, pertemuan ini akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan berikutnya, maka mulai hari ini yakin dan percayalah bahwa kehadiranmu dibutuhkan gereja, karena kehadiranmu adalah masa depan gereja." tutur Romo F.X Budi Haryono SCJ, saat sambutan.

Romo F.X Budi Hayono SCJ

Untuk memeriahkan acara malam pentas seni, panitia telah menyiapkan beberapa games, juga penampilan dari grup Sekami, Flobamora, Cukurukuk Club, Line Dance dan Its Beautiful Collaborate Band.
games
games

penampilan kelompok Sekami

penampilan kelompok Flobamora

penampilan Ariesty Band
vokalis Ariesty Band

penampilan Cukurukuk Club

penampilan Line Dance

penampilan Its Beautiful Collaborate Band
vokalis Its Beautiful Collaborate Band
vokalis Its Beautiful Collaborate Band
vokalis Its Beautiful Collaborate Band

Makna Logo

1. Logo OMK kita diperbarui sesuai dengan semangat yang ingin kita hidupi selama menjadi OMK di Paroki ini.      
2. Unsur-unsur Logo :
     Bentuk logo ini adalah bagaikan sebuah bahtera yang melambangkan persekutuan.
     Ditengah logo ini terdapat gambar salib Yesus Kristus.
     Logo ini terdiri dari tiga warna yaitu putih yang melambangkan kesucian atau kekudusan, biru yang melambangkan persahabatan, dan merah yang melambangkan cintakasih.               

Jadi secara singkat, makna logo ini mengajak kita untuk berjalan bersama sebagai rekan dalam semangat persahabatan untuk menuju kekudusan, serta menjadi pribadi penuh kasih bagi gereja dan bangsa. Dan dalam perjalanan ini, Yesus Kristus menjadi sumber kekuatan, sekaligus menjadi teladan bagi kita untuk memiliki dan menjalani masa muda yang membahagiakan, dan sesuai dengan harapan gereja serta bangsa.

Dengan merenungkan pengalaman perjumpaan para murid bersama Yesus Kristus, kami merasa bahwa sangat baik apabila di Paroki Santo Yohanes Penginjil Bengkulu ini diadakan kegiatan “Perjumpaan”, khususnya bagi remaja dan orang muda katolik. 
Kami melihat bahwa kegiatan “Perjumpaan” ini perlu diadakan agar para remaja dan orang muda katolik di Paroki ini semakin memiliki pengalaman-pengalaman yang dapat membantu mereka untuk bertumbuh dan berbuah. Besar harapan kami, semoga kegiatan “Perjumpaan” yang diadakan di Paroki ini bisa menjadi “kendaraan” yang istimewa bagi para remaja dan OMK di Paroki untuk memiliki dan menjalani masa remaja dan masa muda yang menggembirakan, serta inspiratif.

foto bersama


#Seksi Komunikasi Sosial (KOMSOS) Bengkulu

Komentar